Pages

Wednesday, May 6, 2015

Trip Dadakan ke Bali

Finally Bali...
Pernah ngerasain ga? sudah merencanakan sesuatu berkali-kali, tapi tidak kesampaian. Ketika tidak direncanakan, malah kesampaian. Saya pernah, yaitu liburan ke Bali pada bulan Maret 2015 kemarin.

Tepat seminggu sebelum wedding anniversarry kami yang ke-5., kami bertiga pergi berlibur ke Bali. Itung-itung menyambut anniversarry [anggap aja begitu]. Dari dulu saya dan suami berencana ke Bali bersama, tapi belum pernah kesampaian, hingga kemarin.

Saat menikah di tahun 2010, kami berencana honeymoon ke Bali, dan gagal, cuti menikah suami habis untuk acara. Kami pun mulai intip-intip kalender, kalau-kalau ada tanggal merah dan hari kecepit. Biar enak ambil cutinya di hari yang kecepit. Itupun gagal, entah alasan apa waktu itu, saya lupa.

Giliran suami ada dinas kantor selama 3 hari ke Bali, eeeeh... sayanya lagi hamil muda dan lagi mabok-maboknya waktu itu, muntah mulu bawaanya. Walhasil suami melarang saya ikut. Ya sudah, lewat lagi kesempatan ke Bali. Tapi gapapa, toh ini kehamilan yang sangat kami nantikan, jadi kami jaga betul-betul. Suami juga mendadak jadi protektif sejak saya hamil. Oke nggak masalah.

Lanjut tahun berikutnya, suami ada dinas kantor lagi ke Bali, seminggu pula, lumayan kan. Eh sayanya baru sebulan melahirkan, bayi masih merah. Belum memungkinkan untuk dibawa jauh-jauh. Saya pribadi juga belum pede bawa bayi merah kemana-mana. Mandiin bayi saja belum mahir. Ya sudah, lewat lagi kesempatan ke Bali bareng suami. Kamipun menyusun rencana ulang ke Bali.

Usut punya usut, suami bilang setiap 3 tahun sekali ada jatah cuti panjang untuk karyawan. Nah jadilah kami berencana untuk memanfaatkan cuti panjang itu untuk ke Bali. Tepatnya tahun 2014, adalah tahun ke-6 suami bekerja, dan bertepatan dengan cuti panjang tiga tahun sekali. Dan pas sekali usia Aida di tahun tersebut adalah 2 tahun. Usia yang pas untuk traveling menurut saya. Paling tidak, di usia tersebut, saya sudah tidak disibukkan dengan acara gendong-gendong bocah. Hanya sesekali saja kalau Aida capek.

Siip.. rencana ke Bali saat suami cuti panjang pun matang. Tapi kami belum booking pesawat saat itu. Karena kami pikir, masih lama dan memang jatah cuti yang tersedia cukup banyak. Jadi kami santai sambil menanti 2014 tiba.

2014 pun tiba.
Cuti panjang yang kami nantikan datang juga. Total cuti panjang ada 26 hari. Kebetulan di tahun ini pula, bapak ibu mertua saya berangkat haji, setelah hampir 4 tahun lamanya menunggu antrian ke tanah suci. Pas banget suami punya cuti panjang , jadi bisa ikut mengantar orangtua tanpa mengganggu hari kerja. Jadi kami pun membagi-bagi alokasi cuti panjang, sebagai berikut.

Alokasi untuk liburan lebaran 6 hari,
Alokasi untuk tanda tangan akta kredit beli rumah di Jogja 4 hari
Alokasi untuk menjelang mertua berangkat haji 4 hari ,
Alokasi untuk menyambut mertua pulang haji 4 hari,
Alokasi untuk liburan ke Bali 6 hari
istirahat sebelum masuk kerja lagi 2 hari
total pas 26 hari

Tapi lagi-lagi ya, manusia hanya bisa berencana, Allah yang menentukan. Klise banget, tapi memang nyata. Ceritanya begini, Bapak mertua memang punya penyakit gula sejak lama. Berangkat haji pun dengan kursi roda. Sepulang haji bapak bawa oleh-oleh luka di kakinya dan telah membengkak sejak di Madinah.

Pulang haji, dari embarkasi Solo, bapak naik ambulance. Dan tidak lama, sepulang haji, bapak langsung dirawat di rumah sakit karena lukanya semakin membengkak. Dokter menyarankan untuk diamputasi jari kakinya agar tidak menjalar ke bagian kaki yang lain. Kami sekeluarga  terutama Ibu pun pasrah. Dulu bapak juga pernah amputasi , dan alhamdulillah membuat kondisi semakin baik karena bagian luka yang busuk hilang. Kamipun sepakat, bapak diamputasi. Seminggu pasca operasi kondisi bapak semakin menurun dan kami harus ikhlas bapak akhirnya dipanggil Allah.

Lanjut yang tadi yaaa..
Jelas sudah bahwa liburan kami ke Bali batal. Alokasi cuti suami yang awalnya akan kami pakai untuk liburan ke Bali, berubah menjadi pengajian  selama 7 hari, pasca bapak meninggal. Semoga khusnul khotimah ya Paak..

Sejak bapak meninggal, kami belum pernah membahas lagi tentang liburan ke Bali. Suami disibukkan dengan acara pindahan kantor dan pergantian manajemen.

Hingga di akhir Maret 2015 kemarin, suami mendadak mengatakan, minggu depan ke Bali. Ada acara di Bali selama 3 hari. Tiket sudah beres... SERIUUUSSS... Saya cuma bengong...[pura-pura nggak percaya]  seneng... . mendadak Bali.. langsung sumringah... buka lemari .. pilih-pilih baju..

Hari H...
Jujur saya tidak membuat itinerary sebelum ke Bali. Saya kurang telaten soal ini. Sampai di Bandara saya mengambil beberapa brosur tentang paket-paket wisata di Bali. Kami menginap di Patra Jasa, Kuta. Hotelnya, tepat di tepi pantai kuta, jadi bisa langsung lihat pantai.
Sesampainya di kamar, Aida yg kelelahan langsung tidur. Saya mulai melihat paket wisata yang ada di brosur. Saya hanya punya empat hari. Jadi saya mulai memilih tempat wisata yang paling memungkinkan untuk terjangkau dalam waktu empat hari. Akhirnya saya memutuskan untuk carter mobil selama di Bali, dengan alasan SAYA TIDAK TAHU BALI, titik..

Tips sewa mobil : tanya temen yang sudah pernah ke Bali, minta rekomendasi travel. Dan sewa berdasarkan jumlah jam. misal, 10 jam, Jadi kita yang tentukan tempat wisata mana saja yang akan kita kunjungi. Kalau kemarin, harganya 350 ribu untuk 10 jam ditambah tips sopir sebesar 50 ribu. Total 400 ribu/10 jam.

Alhamdulillah... rezeki istri sholehah

DONE semua ... berikut, tempat wisata yang saya kunjungi selama 4 hari di Bali.

Hari 1 : Pura Taman Ayun, Pura Ulun Danu Bedugul

Hari 2 : Bali Trick 3D Art, Garuda Wisnu Kencana, nonton tari Barong

Hari 3 : Uluwatu, nonton Tari Kecak, Makan malam di Jimbaran. (yg ini bareng dg acara kantor suami) Alhamdulillah...

Hari 4 : Bali Bird Park, Tanah Lot, Ubud, dan belanja oleh-oleh di Krisna

sekian dulu ya ceritanya.... Penjelasan masing tempatnya, lain waktu saja ya. kapan-kapan saya sambung lagi.. ini beberapa foto-foto asal comot dari HP.

Tanah Lot...

Pura Taman Ayun
Makan Siang di Bebek Tepi Sawah, Ubud, Bali

Tulisan ini diikutsertakan dalam giveaway Liburan Impian Keluarga

1. Turut berduka cita y mak atas meninggalnya bapak..
    Emmm..pernah sih ngtrip dadakan, jaman kuli ah, bareng temen2, ya nggak jauh2 sih mak, n gk mahal, biasa kantong mahasiswa, wktu iu naek kereta ke blitar, trs jln2 di sekitr stasiun kulineran smbil nunggu kereta balik..gt doank sih..hehehe..
    Sukses y mak..:)

2. Alhamdulillah, berarti emang jodoh dengan Bali ya, Mak :)

3. Terimakasih Mak, doakan semoga khusnul khotimah ya Mak,

Seru juga tuh mak, rood trip kereta, Patut dicoba sebenernya. Apadaya di Palembang ga ada kereta.

Yup, kadang justru yang mendadak mendadak kayak gini yang seru. Itu juga karena suami ada dinas rapat di Bali, Mak. Jadi ...........
    2 hari pertama saya keluyuran pake travel, tanpa suami, kan suami rapat,
    hihii.. baru hari ketiga dan keempat bisa bareng suami jalan2Y.

Yang mahal kadang kesempatannya Mak, Soale ga tau kapan bisa ke Bali lagi. Jadi mumpung ada kesempatan, jadi anggap aja itu kesempatan terakhir kita kesana.. hihi..

4. akhirnya ke bali juga ya mak,meskipun rencananya gagal,tapi ada hadiah indah dari suami hehehe..
    salam kenal^^
    follow bologna mana mak??

1. Iya alhamdulillah... Mak, aku tukang kepoin resepnya Mak Zwan looooh... hehe.. boleh kan???
      Oh belum ada ya, ampyuun...
      Ntar saya cantolin.
      Makasih Mak, atas perhatiannya

5. wah seru ay, memang Bali itu banyak yang bisa dikunjungi

1. Banyak Mak, itupun karna keterbatasan waktu, saya belum sempat ke Besakih, tanjung benoa, trunyan dll...

6. beberapa kali ke Bali, yg paling berkesan ya wkatu perginya ama suami dulu.. berdua aja.. itu baru jalan2 ;p sisanya aku ga begitu suka sbnrnya, krn Bali lumayan panas ya ;p hihii... makanya kalo ke Bali aku lbh milih ngadem di daerah atasnya mba, ubud.. lebih adem...

7. Oh gitu yaa...waah.. kapan kapan deh kalo kesana lagi, lama lamain di ubudY kali ya.. memang panas, secara semua tempat wisataY outdoor semua.
    Nah ituuu... pergi bersama suamiY itu yang kita cari, hehee....

8. Seru yaaa.. yang dadakan dangdut memang kadang malah kejadian yah. Salam kenal ya maaak..

1. Ho'oh Mak, seru dan bikin happy.. pernah ngalamin juga ya, hayooo

2. Hooh maak..pernah tapi short trip gitu deh modelnya. Hehehe.. Sama2 happy maaak..