Pages

Thursday, April 9, 2015

Anniversarry Ke-5, Ide Aneh, Ilmu Ikhlas dan Nomaden

Welcome April..
sukaaa deh bulan ini.
Ya ya yaa... di bulan inilah saya dan suami mengikat janji suci pernikahan.
Tepatnya tanggal 2 April 2010. Jadi, tahun ini adalah anniversarry kami yang ke-5.. huraaaayyy..  halaah lebay Emm... baru 5 tahun.. ga malu sama para senior.. langsung tutup muka. Intinya, saya bersyukur dengan semua nikmat, serta menjalani semua dengan ikhlas, apapun kondisinya.

Oke lanjuut..
Seperti biasa, kami selalu foto keluarga sambil tiup lilin. Tradisi ini memang sengaja akan kami teruskan pada setiap ulang tahun pernikahan kami, selamanyaaa... hingga maut memisahkan kami... alaaaahh...

Pada awalnya hanya untuk lucu-lucuan, tiup lilin ala-ala... ulang tahun pada umumnya. Ide siapa????? .. ya sayalaaah... tapi berlanjut sampai tahun ke-5 ini dan seterusnyaa.
Kebayang kaaan, di wedding anniversarry kami yang ke-50 atau ke-70 tahun nanti, tiup lilin dengan didampingi anak cucu. Amiiin.. semoga kami diberi umur panjang.

Selain itu, foto-foto ini nantinya menjadi sebuah dokumentasi keluarga. Karena rencananya lagi.. moment ulang tahun pernikahan kami, nantinya akan dijadikan moment kumpul keluarga bersama anak cucu kami kelak.. semacam arisan keluarga kali yaa... Amiiin.
Jadi pas acara foto tiup lilin, saya, suami dan anak anak kami kelak akan foto bersama. Dari sini akan terlihat perkembangan anak-anak kami yang semakin besar, ataupun pertambahan anggota keluarga, seperti menantu-menantu baru kami, dan cucu-cucu kami semua akan ikut difoto bersama kami.
Jadi, anak dan para calon mantu, tiap bulan April siapin cuti ya, hihiii.. dan kalau tidak salah kan Ujian Nasional bulan April juga. Biasanya selesai ujian, kan libur. Wah cucok tuuh.. bisa bebarengan liburnya dengan para cucu saya nanti, hahaa... Duuuh seru kayaknyaaa.... Idenya siapaaa???? Ya sayalaaaahh..
Huss...huss bangun Emm... baru 5 tahun married.. udah ngomongin anak cucu ajaa...

Maklum, kalau urusan yang lebay-lebay plus alay plus norak norak gituu.. saya bagiannya. Suami saya mah tipe kalem, jadi ya cuma geleng geleng aja melihat ide ide aneh saya.. tapi selalu berakhir dengan anggukan.. alias merestui, alhamdulillah..
InsyaAllah rencana ini akan terus berlanjut..

Buat kami, 5 tahun ini sungguh luar biasa. Banyak sekali cerita yang tentunya tidak lepas dari kondisi keluarga kecil kami yang nomaden alias pindah-pindah, sesuai SK kantor. Bayangkan ya, selama 5 tahun.. Bukan antar kota lagi, melainkan antar pulau. Dan saya selalu ikut kemanapun pindahnya.

Pangkalan Brandan → Bontang → Balikpapan → Bontang lagi → Prabumulih (Sumsel) → Palembang... next... Jawa (ngarep.com).

Saya jadi ingat, dulu sekali sebelum menikah.. suami saya selalu berpesan agar saya ikhlas. Lebih tepatnya begini "Yang ikhlas yaaa...." ... Gitu doang, tanpa ada penjelasan. Saya yang nggak ngeeh apa maksudnya, ya saya iyain saja. Saya berpikir ya ikhlas ikhlas seperti biasa..

Waktu itu saya masih bekerja di Jakarta dengan segala kemacetannya dan waktu terasa berputar begitu cepat. Bersamaan dengan itu, suami sudah lebih dulu penempatan di Sumatra Utara. LDR-an kalau bahasa kerennya. Jadi kalau dia ada dinas ke Jakarta, kami pun bertemu untuk sekedar ngobrol dan makan malam.. Maklum, sama2 selesai jam kantor menjelang magrib... itupun kalau tidak lembur. Nah saat itulah, sebelum berpisah dia selalu meminta saya untuk ikhlas kalau kelak menikah nanti.

Sebulan sebelum menikah, saya resign dari pekerjaan. Karena saya tahu bahwa setelah menikah, saya akan diboyong suami ikut ke Sumatra. Alasan lainnya adalah untuk persiapan menikah. Idealnya dan saran para sesepuh, tidak boleh sering-sering keluar rumah,  Aiiiissshh... bukan gue bangeeeetttdd... walhasil 2 hari sebelum sebelum nikah, saya masih keluyuran dengan motor. Kena semprot deeeh.. Dan anehnya, yang nyemprot bukan ibu saya, melainkan sesepuh yang lainnya. Karena tradisi pingitan tidak ada dalam kamus ibu saya... amaaan. And then, menikah DONE.. oh ya just info, kami tak sempat bulan madu kemana-mana yaa.. bulan madu di rumah dinass,hahaa.. karna cuti menikah suami sangat pendek. Ya sutralaaah..

AWAL NIKAH
Tepatnya 4 hari setelah menikah, saya langsung dibawa ke Pangkalan Brandan, Sumatra Utara. Ngimpii apaa, tiba-tiba jadi orang rantau.

Pangkalan Brandan ini 2 jam perjalanan dari Medan. Lingkungan saya didominasi orang Batak dan Melayu.. yeaaah saya mulai terbiasa dengan logat-logat dan lagu-lagu Batak dan Melayu, serta bentor-bentor alias becak motor sebagai ciri khasnya. Beberapa perbedaan bahasa yang masih saya ingat, lupa lupa ingat, contohnya PASAR, disana orang menyebutnya Pajak.. dan lain sebagainya..

Dia awal pernikahan saya, saya belum dikaruniai anak. Jadi saya menyibukkan diri di rumah dengan banyak hobi. Masih bersenang-senang sebagai pasutri baru. Mencoba berbagai resep dan berkebun. Judulnya mah menemani dan melayani suami full time. Belum ada anak soalnya.


Anniversarry  1
Memasuki ulang tahun pernikahan pertama. Tepatnya satu tahun pernikahan, kami belum kunjung dikaruniai anak. Saat itu kami pindah ke Bontang, Kalimantan Timur. Pindahan antar pulau. Suami pindah tugas kesana. Bersamaan dengan itu, saya didiagnosa Hiperprolaktin, yang menyebabkan sulit hamil. Dan saya disarankan terapi oleh dokter. Bleng banget waktu itu, ada ya kelainan gini. Sepanjang sejarah keluarga besar, perempuanya subur-subur. Bahasa kasarnya, kesenggol aja hamil. Nah giliran saya, ada aneh-aneh begini. Bagai petir di siang bolong. Saya masih belum percaya.. Ya sutralaahh, saya terima saja sambil mencari info. Cerita tentang Hiperprolaktin, akan saya posting nanti ya. Lanjuut... sambil terapi, saya mulai menekuni dunia craft untuk menghibur diri dan memulai usaha rumahan untuk mengisi waktu luang.



Anniversarry  2
Memasuki usia pernikahan kedua, suami pindah tugas lagi ke Balikpapan. Packing-packing lagi, pindahan lagi. OMG, banyak sekali barangnyaa... Saya yang memulai usaha rumahan, menyebabkan jumlah barang meningkat pesat. Kardus-kardus yang berisi kain mendominasi barang-barang pindahan.  Hadeeeehh.. rempongnyaa.. Tapi saya dan suami bahagia.. karena usaha terapi dan doa yang terus kami panjatkan terkabul. SAYA HAMIL. Foto anniversarry kedua ini, saya sedang hamil masuk 7 bulan lhooo... alhamdulillah. Yang kemudian lahir perempuan yang kami beri nama Aida.



Anniversarry 3
Suami dipindahtugaskan lagi ke Bontang, menggantikan rekan kantornya yang dimutasi. Balik Bontang lagi deeeh... dengan segala amunisi craft saya, plus peralatan bayi dan mainan Aida. Makin banyak yang dipacking.
Horaaaay... di ulang tahun pernikahan kami yang ke-3, sudah ada Aida kecil muncul di foto. Imutnya kamu Naaak, Aida di foto ini berumur 10 bulan. Bahagianyaa...

Aniversarry 4
Kami pindah lagi, yaitu ke Prabumulih, Sumatra Selatan. Kota Prabumulih ini berjarak 2 jam dari Palembang. Pindahan antar pulau lagii.. Wowww... banyak pempek disini.. pindang patin... ini baru pempek enak, langsung dari asalnya. Hohohoo... berat badan saya langsung naik. Hiks..hiks.. but I'm happy. Di 4 tahun usia pernikahan kami, saya mulai disibukkan dengan Aida yang mulai sekolah todler.  Kelompok bermain sih lebih tepatnya


Anniversarry 5
Terhitung 2 bulan yang lalu, kami pindah Palembang dan akan semakin banyak cerita seru lainnya disini



6 comments:

  1. kok jadi terharu ya liat foto2 anniversarynya..hehe
    btw, happy wedding anniversary mbak, kompak selalu, tetap ikhlas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin...amiin.. aminn atas doanya. Wah bagian mana yang bikin terharu ya..

      Delete
  2. Wah sama, sy sekeluarga juga nomaden. Terakhir Juni 2014 dr Sumatra ke Jawa (saya doain nyusul ya :D). Skrg anak2 udah besar, mau kuliah, jadi kata suami ini pindahan terakhir. Tp kok sy nggak yakin, sebagian barang masih diem cantik dlm kardus heheee.... Selamat ultah pernikahan. Semoga awet & bahagia. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Lusi sempat nomaden juga ya.. oalah rempong kan ya Mak. Saya juga masih beberapa yang ga saya bongkar. Masih belum lupa waktu packingY soale, hehe. Amiin Mak, doain yang kenceng ya Mak. biar saya segera mutasi ke Jawa dan menetap di Jogja. makasih doanya ya Mak.

      Delete
  3. happy anniversary mak...semoga langgeng terus sampai tua ya mak
    ide perayaannya boleh juga tuh mak, wajib kumpul keluarga ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin.. makasih Mak Gusti. Rencananya sih gitu.. momen anniversarry jadi momen kumpul keluarga.. kumpul anak , mantu dan cucu, hihii...

      Delete

Aida

Lilypie - Personal pictureLilypie Third Birthday tickers